Novia's Blog

Do the best for your life

Pendapatan Nasional 8 Maret 2010

Filed under: Uncategorized — novia @ 3:45 am

Makroekonomi terutama sekali berhubungan dengan penentuan seluruh keluaran (total output), tingkat harga, tingkat penggunaan tenaga kerja, tingkat bunga dan variabel-variabel lain. Dalam hal ini kita mengenal istilah perhitungan pendapatan nasional yaitu suatu langkah yang perlu dalam memahami bagaimana variabel-variabel ini ditentukan.

Dan dalam hal ini saya mengetahui beberapa istilah yang dipakai yaitu GNP(Gross Natinonal Product) dan NNP(Net National Product).

  1. GNP(Gross Natinonal Product) atau Produk Nasional Bruto adalah nilai dari semua barang jadi dan jasa-jasa yang diproduksi oleh faktor-faktor produksi domestik dalam periode tertentu. Atau dengan kata lain nilai dari seluruh output tanpa mengitung biaya-biaya harta tetap seperti gedung,rumah.dll.
  2. NNP(Net National Product) atau Produk Nasional Netto adalah GNP dikurangi penyusutan dari jumlah harga tetap (capital stock) yang ada untuk suatu periode tertentu. Penyusutan disini adalah suatu ukuran dari bagian GNP yang harus disisihkan untuk menjaga kapasitas produktif dari suatu perekonomian,sebagai contoh suatu mesin yang digunakan untuk kegiatan produksi yang dipakai terus menerus digunakan maka ia akan aus dan harus segera diperbaiki . dan biaya ini yang nanti akan dikurang dengan GNP. NNP itu sendiri bertujuan untuk memperpanjang jumlah harga dari harta tetap/modal.

sumber: dornbusch,rudiger dan stanley fischer.1986.makroekonomi.jakarta: penerbit erlangga

About these ads
 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.