Novia's Blog

Do the best for your life

HUBUNGAN TIMBAL BALIK ANTARA MANAJEMEN, 16 Januari 2010

Filed under: Uncategorized — novia @ 6:23 am

A.Pengertian Manajemen

adalah suatuproses dimana yang berhubungan dengan bagaimana (how) cara/metode yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

  • pengertian manajemen terdiri dari :

1. manajemen sebagai proses
melihat bagaimana cara seseorang untuk mencapai tujuannya. proses yang digunakan.

2. manajemen sebagai kolektivitas manusia
merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerjasama satu sama lain untuk mencapai tujuan.

3. manajemen sebagai suatu ilmu
segala macam aturan yang dituangkan dalam kaidah-kaidah perilmuan.

4. manajemen sebagai seni
suatu proses untuk mengarahkan orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

  • Tingkatan Manajemen

a. perencanaan manajemen (top manajer).
merencanakan jangka panjang.
b.middle manajemen
bertanggung jawab dalam hal pelaksanaan.
c.low manajemen
pengendalian operasional.

  • Fungsi-fungsi manajemen:

1.planning
2.organizing
3.staffing
4.directing
5.controling

B. Pengertian Organisasi

organisasi adalah suatu tempat(wadah) berkumpulnya orang-orang yang mempunyai satu tujuan yang sama dimana untuk mencapai tujuan tersebut harus memiliki suatu sistem yang dapat dipahami dan dilaksanakan oleh orang-orang yang ada di dalam organisasi tersebut.

C. Pengertian Tata kerja

a. Tata kerja adalah cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisen yang maxsimal.

b. Prosedur merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana, kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.
c. Sistem merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

  • Manajemen dan organisasi

suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan. sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajeman untuk mencapai tujuan.

  • Manajemen dan Tata kerja

Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

  • hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja dapat dilukiskanseperti di bawah ini.

a. Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar
manusia;
b. Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi
pengelompokkan kerja sama.
c. Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.

sumber :

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_organisasi_dan_metode/bab4_tata_kerja_prosedur_kerja_dan_sistem_kerja.pdf

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s