Novia's Blog

Do the best for your life

Fungsi & Kedudukan Bahasa Indonesia 27 September 2010

Filed under: Bahasa Indonesia — novia @ 3:49 am

A.  PENGERTIAN BAHASA

Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggar agar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah, aturan dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentuk dan tata kalimat. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar dengan baik, penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasan

Bahasa adalah suatu sistem dari lambang bunyi arbitrer yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat komunikasi, kerja sama dan identifikasi diri. Bahasa lisan merupakan bahasa primer, sedangkan bahasa tulisan adalah bahasa sekunder. Arbitrer yaitu tidak adanya hubungan antara lambang bunyi dengan bendanya.

B.  BAHASA INDONESIA

Bahasa indonesia merupakan bahasa resmi Republik Indonesia (RI) dimana tercantum dalam Pasal 36 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 yang tertulis bahwa “Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia”. Bahasa Indonesia juga disiratkan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 pada bagian ketiga yang berbunyi “KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA”.

Berdasarkan 2 landasan tersebut, maka sebagai WNI(Warga Negara Indonesia) kita harus bangga akan bahasa yang kita pakai sehari-hari. Tidak hanya bangga tapi kita harus berbicara menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD(Ejaan Yang Disempurnakan).

Bahasa tidak hanya dipakai untuk berbicara atau berkomunikasi kepada orang lain, tetapi masih banyak lagi fungsi dari bahasa antara lain :

  • Mengungkapkan Ekspresi/perasaan diri

Dengan bahasa seseorang bisa mengungkapkan ekspresi /perasaan yang sedang dialaminya misalnya sedih,marah,gembira. Mengapa begitu??karena bahasa tidak hanya berupa lisan tetapi bisa juga dengan tulisan, misalnya kita dapat menulis ekspresi kita ke dalam buku diary,atau membuat cerita atau menulis dalam blog seperti yang dilakukan oleh beberapa orang.

  • Sebagai Alat Komunikasi

Manusia adalah makhluk sosial yang artinya tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu manusia membutuhkan suatu alat bantu yang digunakan untuk berhubungan satu sama lain yaitu alat komunikasi. Alat komunikasi yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah dengan berbicara dan membutuhkan suatu bahasa . Karena dengan bahasa manusia bisa bertanya,berbincang-bincang  satu sama lain sehingga hubungan manusia dapat berjalan dengan baik.

  • Adaptasi & Integrasi

Pengertian Adaptasi adalah penyesuaian terhadap lingkungan yang ditinggali. Mengapa kita memerlukan bahasa dalam hal Adaptasi?.  Jawabannya adalah misalnya saja kita baru masuk ke dalam suatu lingkungan masyarakat yang baru,tentunya kita belum tahu apa yang ada di sekitar kita,aturannya apa saja,dan bagaimana kehidupan bermasyarakat?. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu maka anda harus berkomunikasi dengan masyarakat tersebut dan itu membutuhkan suatu bahasa.

Integrasi adalah pemersatu atau persatuan. Bahasa dalam suatu bangsa atau bernegara sangat dibutuhkan alasannya adalah untuk mempersatukan rakyat-rakyat yang ada dalam bangsa atau negara tersebut. Suatu bangsa atau negara pasti hanya memiliki satu bahasa misalnya Bangsa Indonesia memiliki bahasa Indonesia meskipun di dalam bangsa Indonesia terdapat banyak provinsi dan banyak suku tapi tetap bahasa satu yaitu Bahasa Indonesia.

  • Sebagai alat Kontrol sosial

Untuk mempengaruhi sikap,tingkah laku,dan tutur kata seseorang. Maksudnya dengan bahasa suatu lingkungan dapat tercipta suasana displin,teratur dan nyaman misalnya saja di lingkungan rumah sakit disana terdapat tulisan-tulisan yang pastinya menggunakan suatu bahasa misalnya bahasa Indonesia(terdapat tuilsan “DILARANG MEROKOK”), tentunya orang akan mengerti dan paham akan tulisan tersebut bahwa di lingkungan tersebut tidak boleh merokok.

Kedudukan Bahasa Indonesia

  • sebagai bahasa Nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai:

  1. lambang identitas nasional,
  2. lambang kebanggaan nasional,
  3. alat pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakang sosial budaya dan bahasa yang berbeda-beda, dan
  4. alat perhubungan antarbudaya clan daerah.
  • Berdasarkan “Hasil Perumusan Seminar Politik Bahasa Nasional” yang diselenggrakan di Jakarta pada tanggal 25-28 Februari 1975. Dikemukakan bahwa di dalam kedudukannya sebagai bahasa Negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai :
  1. Bahasa resmi kenegaraan dimana kedudukannya berada di atas bahasa-bahasa daerah.
  2. Bahasa pengantar resmi di dalam dunia pendidikan.
  3. Alat penghubung resmi pada tingkat nasional.
  4. Bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pe-ngetahuan serta teknologi modern.

sumber :

http://anugerawan.blogspot.com/2009/10/fungsi-dan-kedudukan-bahasa-indonesia.html

http://organisasi.org/definisi-pengertian-bahasa-ragam-dan-fungsi-bahasa-pelajaran-bahasa-indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s