Novia's Blog

Do the best for your life

Bahasa Pemrograman JAVA 13 Desember 2010

Filed under: JAVA — novia @ 2:05 am

Java’ adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser. Berikut ini adalah istilah-istilah yang terdapat pada pemrograman java:

1.      Class, Object, Atribut, Method, dan Constructor

Ø  Class , dapat diartikan sebagai awal dari sebuah object. Class merupakan rancangan yang mendefinisikan apa yang dimiliki dan apa yang bisa dilakukan object.

Ø  Object , benda nyata yang dibuat berdasarkan rancangan yang didefinisikan oleh class. Object merupakan instance dari  sebuah class dengan menggunakan keyword new. Contoh : ConstructObj obj = new ConstructObj(); (obj merupakan object dari class  ConstructObj).

Ø  Atribut , menunjuk pada elemen data dari sebuah object, yang menyimpan informasi tentang object tersebut. Dikenal juga sebagai member data.

Ø  Method adalah suatu bagian dari object yang mendefinisikan apa yang bisa object lakukan. Method dikenal juga sebagai fungsi atau prosedur.

Ø  Constructor adalah suatu method yang digunakan untuk membuat suatu object dari suatu class. Pada java constructor dideklarasikan sama dengan nama class yang bersangkutan. Constructor bukan member(yaitu atribut, method atau inner class dari sebuah object).

2.      Package, Enkapsulasi, Abstraksi, Pewarisan, Polimorfisme, dan interface.

Ø  Package, menunjuk pada pengelompokkan class dan/atau  subpackages. Strukturnya dapat disamakan dengan directorinya. Package menyediakan mekanisme untuk mengatur class dan interface dalam jumlah banyak dan menghindari konflik penamaan.

Ø  Enkapsulasi adalah suatu konsep untuk pengaturan akses pada setiap member dari class. Enkapsulasi menunjuk pada prinsip dari menyembunyikan desain atau mengimplementasi informasi yang tidak sesuai pada object yang ada. Konsep ini sangat berguna untuk mencegah akses yang tidak dinginkan pada data yang sensitif.

Ø  Abstraksi, hampir sama dengan enkapsulasi tapi abstraksi  mengabaikan aspek dari subyek yang tidak sesuai dengan tujuan yang ada supaya lebih banyak mengkosentrasikan yang ada. Ada juga yang mengatakan bahwa abstraksi adalah class yang tidak dapat dibuat instance/objek.

Ø  Dalam OOP, kita dapat menciptakan objek baru yang diturunkan dari objek lain. Objek baru ini sering disebut dengan objek turunan(derived class) sedang objek induknya sering disebut dengan ancestor(base class). Sifat yang terkandung pada objek turunan adalah sifat hasil pewarisan dari sifat-sifat yang terdapat pada objek induk. Maka dari itu proses seperti ini sering dikenal dengan istilah pewarisan(Inheritance). Pewarisan adalah suatu konsep dimana suatu class otomatis mempunyai property dan method yang didefinisikan di supertype-nya. Class di java mempunyai kemampuan untuk mewarisi property dan method dari induknya dengan menggunakan keyword extends.

Ø  Polimorfisme adalah kemampuan dari sebuah object untuk membolehkan mengambil beberapa bentuk yang berbeda. Polimorfisme berarti mengijinkan sebuah function/definisi untuk dipakai di beberapa tipe data yang berbeda atau kemampuan objek dengan tipe/class yang berbeda untuk merespon method dengan nama yang sama namun mungkin menjalankan action yang berbeda. Polimorfisme merupakan proses kebanyakrupaan, artinya kita dapat mengimplementasikan sesuatu hal yang berbeda melalui satu cara yang sama. untuk mengerti hal ini saya akan berikan ilustrasi nya : misalnya terdapat 5 orang penyanyi(didalam program dianggap sebagai 5 buah objek), kemudian kelimanya kita perintahkan untuk bernyanyi, maka hasil atau implementasinya tentu akan berbeda sesuai dengan karakteristik suara dari masing-masing penyanyi tersebut. Dalam OOP,hal ini disebut dengan istilah polimorfisme. Polimorfisme bisa diartikan satu bentuk banyak aksi. Dalam pewarisan polimorfisme dapat kita lakukan. Kita data memerintah sebuah objek untuk melakukan tindakan yang secara prinsip sama tapi secara proses berbeda.

Ø  Interface adalah sebuah contract dalam bentuk kumpulan method dan deklarasi konstanta. Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature(atau constant). Interface mendefinisikan sebuah (signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh.  Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class. Untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface. Interface kita gunakan jika kita ingin class yang tidak berhubungan mengimplementasikan method yang sama. Melalui interface-interface, kita dapat menangkap kemiripan diantara class yang tidak berhubungan tanpa membuatnya seolah-olah class yang berhubungan.

sumber: http://www.wikipedia.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s