Novia's Blog

Do the best for your life

TOUR JAVA.LANG 12 Januari 2011

Filed under: JAVA — novia @ 1:52 am

Tour Java.Lang memiliki beberapa class yang dapat bermanfaat dengan cara memanggil method yang dibutuhkan. Class dari Tour Java.Lang terdiri dari :

1.      Class Math

Di dalam class ini terdapat method-method yang dapat digunakan untuk menunjukkan perbedaan operasi matematika seperti fungsi trigonometri dan logaritma. Selama method-method ini semua static, Anda dapat menggunakannya tanpa memerlukan sebuah objek Math. Berikut ini contoh method yang sering digunakan:

–          public static double abs(double a) : menghasilkan nilai mutlak a.

–          Public static double random() : menghasilkan nilai positif bilangan acak (random) yang lebih besar atau sama dengan nol.

–          public static double max(double a, double b) : menghasilkan nilai maksimum.

–          public static double min(double a, double b) : menghasilkan nilai minimum.

 

2.      Class String

Pada class ini strings dapat digunakan menggunakan array dari character atau disederhanakan dengan menggunakan class String. Sebagai catatan, bahwa sebuah objek String berbeda dari sebuah array dari character. Pada class ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :

a.       Constructor String

b.      Method-method String, contohnya yaitu:

–          public char charAt(int index) : Mengirim karakter index yang ditentukan oleh parameter index.

–          public int compareTo(String anotherString) : Membandingkan 2 buah string dan mengirim bilangan int yang menentukan apakah objek string pemanggil kurang dari atau sama dengan anotherString.

–          public boolean equals(Object anObject) : Menghasilkan nilai true jika parameter tunggalnya tersusun dari karakter yang sama dengan objek tempat anda memanggil equals.

 

3.      Class StringBuffer

Objek StringBuffer serupa dengan objek String, tapi objek StringBuffer bersifat dapat berubah atau dapat dimodifikasi, sedangkan pada object String bersifat konstan. Panjang dan isi dapat diubah hingga beberapa pemanggilan method. Berikut ini contoh method pada class StringBuffer:

–          public int capacity() : mengirim jumlah memori yang dialokasikan untuk StringBuffer.

–          public StringBuffer delete(int start, int end) : menghapus karakter-karakter pada range yang ditentukan.

–          public int length() : memperoleh panjang atau jumlah karakter di objek StringBuffer.

 

 

 

 

4.      Class Wrapper

Class wrapper adalah representasi objek sederhana dari variabelvariabel non-objek yang sederhana. Demikian daftar dari class wrapper. class-class wrapper diawali dengan huruf besar dan versi yang ditunjukkan dari tipe data primitive. Contoh dari class wrapper adalah Boolean, Character, Byte, Short, Integer, Long, Float, Double.

 

5.      Class Process

class Process menyediakan method-method untuk memanipulasi proses-proses, seperti mematikan proses, menjalankan proses dan mengecek status proses. Class ini merepresentasi kan program- program yang berjalan. Di bawah ini beberapa method pada class Process.

–          public abstract void destroy() : Mengakhiri proses.

–          public abstract int waitFor() throws InteruptedException : Tidak mengirim sampai proses yang dipanggil berakhir.

 

6.      Class Runtime

Class ini menyediakan method-method yang digunakan untuk merepresentasikan lingkungan runtime. Dua method terpenting pada class ini adalah

–          public static Runtime getRuntime() :  Mengirim objek runtime yang merepresentasikan lingkungan runtime yang berhubungan dengan aplikasi java saat itu.

–          public Process exec(String command) throws IOException : Disebabkan command yang ditentukan untuk dieksekusi, Memperbolehkan anda mengeksekusi proses baru.

 

7.      Class System

Class System menyediakan beberapa field dan method bermanfaat, seperti standard input, standard output dan sebuah method yang berguna untuk mempercepat penyalinan bagian sebuah array. Contoh method public static void setIn(InputStream in) yaitu mengubah stream yang berhubungan dengan System.in, yang mana standard mengacu pada keyboard.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s